My first Online Experience

30 Jun 2009

ok, gw mau sedikit berkisah tentang pengalaman gw pertama kali online internet.

gw pertama denger kata internet kalo gk salah si pas waktu awal-awal masuk SMU, kira2 tahun 2003-an. terbilang telat bagi sebagian orang. ya maklum lah, gw tinggal di Kota kecil di sebelah selatan Jawa Barat, tepatnya di daerah Singaparna, Tasikmalaya. jangankan chattingan ato ngeblog, yg namanya browser aja gw gk tahu waktu itu mah. sekolah gw aja connect internet baru satu tahun kebalakang, dimana gw ma temen2 yang lain gk ketinggalan tentang Internet kalo gini mah kan?

pertama kali gw bertatap muka dengan yang namanya Internet tuh ketika gw waktu itu dapet tugas buat nyari yang namanya artikel2 tentang Fisika. gw bingung, soalnya kalo mau dapet akses Internet, gw mesti ke pusat Kota Tasikmalaya dulu, kira2 jaraknya 14 KM dari daerah gw. secara di daerah gw blom ada yang namanya warnet satupun. pertama masuk warnet gw bingung, apa yg mesti gw lakukan? gw nanya2 sama operator yang jaga, katanya mesti log in di billing dulu. gw mikir lagi, apa itu namanya billing? ternyata eh ternyata, billing tuh applikasi untuk menghitung biaya selama kita memakai komputer di warnet.

aslinya, selama ampir setengah jam gw bingung nyari artikel di Internet. gw cuma bengong aja mantengin Internet Explorer. dikasih tahu ama si op-nya, katanya cari aja di google. makin bingung sama makin puyeng aja gw waktu itu. keseringan nanya malu juga si, jadinya gw secara sotoy maen save as aja tulisan2 yang ada kata Fisika-nya huahaha.

Ilmu gw dalam dunia Internet akhirnya menemukan pencerahan setelah kira2 dua tahun yang lalu gw diajakin buat kerja jadi op warnet di Bandung, di tempat sodara gw. gw yang aslinya masih buram dengan yang namanya Internet mulai tahu sedikit2 tentang Internet dan sebagainya. di sono gw pertama kali bisa bikin e-mail diajarin ma anaknya sodara gw yang masih SMP. malu? enggak, bagi gw ilmu dari siapapun mesti gw terima selama ilmu itu bermanfaat ;)

setelah mulai mengenal apa itu e-mail, gw -seperti kebanyakan remaja lain- mulai merambah yang namanya friendster dan chatting. malah awal-awal kenal chatting, sehari semalam gw pantengin terus komputer hanya buat cuap-cuap di room chatting yahoo ampe kerjaan banyak yang terbengkalai gara2 gw waktu itu kesetanan chatting. disamping itu, selama di Bandung, pengetahuan gw tentang dunia Internet mulai berkembang pesat. gw udah mulai mengerti gimana caranya berforum, nulis di blog ato gimana caranya buat download empetri, sampai download Miyabi :D

selama di Bandung jg, gw mulai tahu gimana caranya Install ulang komputer, masang jaringan, criping kabel belden ama hal2 dasar lainnya tentang per-warnet-an. di Bandung jg, selain jadi OP warnet, gw jadi tester program yang dibuat ama boss gw. gw yg bertugas ngelaporin bug atau error dari program yang boss gw buat.

gw yang emang orangnya cepet tanggap dalam nerima pelajaran, (sorry ni bukan maksud mau sombong hehe) sekarang mulai sedikit expert tentang masalah internet. meskipun gk se-expert pa Ono W. Purbo (jauh kali kalo dibandingin ma beliau mah hehe).

sekarang gw dah gk buta lagi ama yang namanya Internet, malah bisa dibilang gw udah kecanduan Internet, seperti kata lagunya bang Igor (saykoji-red) yang online, gw tuh mesti dapet akses Internet tiap waktu wkwkwk. gw banyak banget dapat hal-hal yang baru, mulai dari temen-temen baru, ilmu baru (pastinya), nick name baru, pekerjaan baru, cara berfikir, sampe gw dapet cewek pun gara-gara gw lumayan expert ber-Internet ria hehe. alhamdulillah sekarang kampung gw udah terjangkau Internet, alhamdulillah juga gw dah bisa bagi2 sedikit ilmu gw tentang Internet ke temen-temen yang lain. gw berharap temen2 gw yang lain gk ada yg kek gw, ketinggalan info karena gk tahu Internet.

target gw sekarang si gw pengen bisa setting server gitu. ya awal2 si pengen bisa setting server buat warnet, kedepannya mudah2an gw bisa setting server buat hal2 yang lebih gede dari server warnet :D

so, for me Life without Internet just like sayur tanpa garam, hambar bo wkwkwkwkw


TAGS ulang tahun ke-11 detikcom


-

Author

Follow Me